twitterfacebookgoogledribbblepinterestmyspacetumblrvimeoyoutubebehancegithubflickrforrstrssmail

E-learning sebagai Pengaman Konten Lokal Perusahaan

sumber gambar http://elearning.skola.edu.mt/

Sejak tahun 2009 internet terus tumbuh pesat. Perkembangan tersebut terjadi karena didukung oleh kemudahan untuk memperoleh akses. Akses Koneksi wireline semakin ditinggalkan, koneksi wireless semakin berkembang. Kemudahan ini membuat semakin banyak orang yang bisa mengakses internet. Mulai dari menggunakan desktop, laptop , atau mobile devices.

Dengan bertambahnya jumlah pengguna internet, peluang publikasi konten semakin diminati. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi marketing dan advertising konvensional yang memanfaatkan media fisik, radio, dan televisi. Publikasi konten akan tumbuh pada beberapa pokok antara lain: mobile advertising, local search/localized service, dan social media.

Di bagian social networking, eksistensi internet memberikan peranan penting dalam menghubungkan personal dengan komunitas, komunitas dengan komunitas, dan lintas komunitas. Internet dalam hal ini menjadi media untuk ‘crowd sourcing‘ atau komunitas raksasa yang menjadi tren. Disisi lain, akan semakin banyak orang yang akan mengedepankan efisiensi dan produktivitas pemanfaatan internet. Koneksi offline akan terus ditopang dengan koneksi online, sebagai contoh, rapat-rapat secara tatap-muka saat ini bisa dilakukan dengan menggunakan internet. Demikian pula halnya dengan perangkat mobile, yang terus berkembang dan berevolusi. Perangkat multimedia dengan video sebagai basis media informasi akan terus berkembang, serta upaya penghematan dalam hal pengeluaran menjadi satu ciri yang menunjang perkembangan internet.

Pada sisi perangkat dan aplikasi mobile, di tahun ini pertumbuhannya akan sangat pesat. Mulai dari sisi perangkat mobile seperti : notebook, netbook, PDA, O2, RIM Blackberry, Iphone, Smartphone, dan ponsel. Semuanya merupakan gadget yang terus-menerus akan menjadi tren mobile di tahun ini dan terus berkembang di masa yang akan datang. Perkembangan ini meliputi sisi perangkat dan juga aplikasinya. Tentu saja, aplikasi yang memungkinkan pengguna mengakses layanan yang ada di internet akan terus mengalami revolusi. Misalnya saja untuk chatting, messenger, blog, facebook, dan jualan online.

Tentu saja perusahaan sebagai pemangku kepentingan dengan meledaknya informasi ini membutuhkan strategi sehingga internet akan menjadi asset dan bukan menjadi liabilities. Salah satu contoh aplikasi yang akan berkembang pesat di era mobile ini adalah layanan e-learning konten berbasis daerah/lokal.

Saat tim E-learning ComLabs USDI ITB berkolaborasi dengan mitra kerjanya di perusahaan dan institusi akademik, setelah muncul pembahasan mengenai sistem dan teknologi , maka pembahasan tersebut kemudian akan bermuara kepada pengembangan konten . Konten dalam hal ini merupakan harta tak ternilai dari suatu perusahaan .

Konten menjadi bahan yang disampaikan kepada stakeholder perusahaan , berasal dari founder, atau praktisi profesi di perusahaan untuk menjadi penelusuran historikal yang membuat perusahaan bisa berkembang dan bertahan, serta memenangkan persaingan di dunia global . Konten tersebut menjadi suatu hal yang unik, mengingat prosesnya berjalan secara internal. Konten juga menjadi kekayaan karena  dapat menjadi pembelajaran yang sangat berharga. Dengan belajar dari konten tersebut, maka values dari perusahaan bisa sustain.

Persoalannya adalah bagaimana mengarsipkan konten ini? Yang tidak kalah penting, bagaimana menjadikannya mudah untuk ditemukan pada saat diperlukan?

Kunci jawabannya adalah dengan mendigitalisasi konten tersebut, dan kemudian mempublikasikannya secara online melalui LAN, atau private network yang ada di perusahaan. Atau bahkan lebih baik lagi bila dipublikasikan melalui jaringan internet. Dengan demikian, maka brand perusahaan akan menjadi word of mouth. Ketika ini terjadi, maka orang-orang akan dapat mengapresiasi produk-produk yang dihasilkan oleh perusahan tersebut.

Written by Arief Bahtiar

Leave A Reply

RAG Creative Development